Duka Selimuti Inggris Raya, Pangeran Philip Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip meninggal dunia Jumat (9/4/2021) pada usia 99 tahun. Sebuah pengumuman resmi mengenai wafatnya Pangeran Philip sempat ditempatkan di pagar Istana Buckingham, sebagaimana tradisi Kerajaan Inggris, tetapi karena pandemi Covid-19, pengumuman itu segera dilepas guna mencegah terjadinya kerumunan.

Pangeran Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum dia menjadi Ratu, dan saat ini merupakan ratu yang paling lama bertakhta dalam sejarah Inggris.

Muat Lebih

“Dengan sangat sedih, Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan tenang pagi ini di Kastil Windsor,” bunyi pernyataan dari Istana Buckingham sepertid dilansir BBC, Jumat (9/4/2021) petang.

Kesehatan Pangeran Philip yang lahir di Mon Repos, Corfu, Yunani, 10 Juni 1921 ini perlahan memburuk sejak beberapa bulan yang lalu. Dia mengumumkan telah mundur dari pertunangan kerajaan pada Mei 2017 dengan bercana bahwa dirinya tak lagi dapat berdiri.

Pangeran Philip terakhir kali tampil resmi di depan publik pada Parade Marinir Kerajaan Inggris pada akhir tahun 2017 di depan Istana Buckingham. Sejak saat ini dia jarang terlihat di publik.

Pangeran Philip menghabiskan banyak waktunya di perkebunan Sandringham milik Ratu di daerah Norfolk lalu pindah ke Istana Windsor untuk menemani sang istri selama periode lockdown Covid-19. Keduanya secara diam-diam merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-73 pada November 2020 lalu.

Belum diketahui bagaimana prosesi pemakaman Pangeran Philip yang memiliki nama lengkap Philip Mountbatten terkait kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan, bangsa berduka bersama Ratu. Menurutnya, Keluarga Kerajaan tidak hanya kehilangan tokoh publik yang sangat disayang dan dihargai.

“Kita berduka hari ini bersama Yang Mulia Ratu. Duka cita kami untuk beliau dan semua keluarganya. Kami berterima kasih sebagai bangsa dan kerajaan atas sumbangsih luar biasa Pangeran Philip, Duke of Edinburgh,” kata Johnson. [rif]

Sumber: Indopolitika.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *